Sabtu, 05 November 2011

BASS




TEKNIK BERMAIN BASS

 
Teknik Slap adalah teknik yang tidak asing bagi para pemain bass. Slap merupakan teknik yang penuh dengan ritmik dan gaya perkusi. Suaranya yang terang dihasilkan dari benturan atau tamparan ibu jari tangan kanan ke sebuah senar bas yang diikuti dengan cabikan jari tangan kanan yang lain ke senar yang berbeda. Gaya slap biasa dimainkan di aliran jenis mudik Funk dan R & B. Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman gaya pluck (P) merupakan dasar dari teknik slap.
Instrument bass


Seperti gitar, bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suaranya. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut.


Meskipun bass akustik ada, tapi mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik dan memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.




Fungsi bass


Pada sebuah lagu, bass berperan sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan lagu. Disini, bass berperan bersama guitar dan piano. Bass juga berperan sebagai pengiring musik saat dimainkan, dimana peran ini berbagi dengan pemain drum. Kalo uda diketahui bahwa bass seakan menghubungkan antara pemandu (gitar dan piano) dengan pengiring (drum) sehingga dapat menjadi kesatuan yang harmonis dan terorganisir dengan baik.




Root note


Setiap musik ato lagu menggunakan chord sebagai pengiring. Chord sendiri sebenarnya adalah kumpulan dari paling sedikit 3 nada yang dibunyikan secara bersama ato berdekatan. Bunyi utama yang paling mudah dikenali dari ketiga nada tersebut disebut root note, dan nada kedua berikutnya adalah pelengkap chord yang dapat menghasilkan suasana ato nuansa tersendiri. Misalnya chord C minor (Cm), berarti root note-nya adalah C dan nada kedua berikutnya adalah yang menentukan chord C tersebut menjadi sebuah chord jenis minor.


Nada-nada yang dimainkan pada bass umumnya adalah nada yang berasal dari root note yang merupakan nada utama dari sebuah chord diatas. Jadi gampang aja, kalo mo main bass mesti tau donk chord yang dipake pada sebuah lagu itu apa, tuez tinggal petik aja satu nada C,D,B,A apa aja deh asalkan root note!!! Mainkan nada pas waktu ketukan perpindahan chord. Ditambah nada-nada dengan panduan tertentu untuk improvasi yang bisa dilatih, bass akan mempercantik nuansa yang dihadirkan dalam sebuah lagu. Itu adalah pengertian secara mendasarnya. Simple kan,,,,




Kekuatan bass


Teknik untuk menentukan kapan bass dimainkan menjelaskan bahwa ketukan bass seringkali identik dengan kekuatan pada bass drum lagu. Ketukan seperti ini tampak jelas pada lagu-lagu blues. Bass drum yang sering dimainkan secara seragam juga menunjukan bahwa permainan bass sebenarnya juga dimainkan secara seragam. Hal ini memperjelas bass sebagai iringan lagu sangat penting keberadaannya. Teknik lainnya menjelaskan bahwa menentukan ketukan bass bisa dilakukan dengan memahami tekanan pada tiap-tiap bagian lagu, seperti masuknya bunyi gong pada musik etnik. Pada musik reggae dan ska, basss dimainkan dengan ketukan dan digabung dengan pemilihan nada-nada yang dinamis, sehingga menimbulkan kesan yang unik dan ceria di dalam iringannya yang cenderung monoton.




Teknik permainan bass

Bass dimainkan dengan cara yang hampir sama dengan gitar, yaitu dipetik. Teknik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dilakukan oleh pemain yang sudah tergolong mahir seperti Flea RHCP, hamper semua teknik dimainkannya pada semua lagu-lagunya.


Beda dengan pola permainan yang dimainkan Sting The Police yang mengacu pada musik reggae pada awal-awalnya. Permainan bass Sting cenderung menggunakan root note yang dimainkan pada tiap 1 ketukan secara merata dan berpindah-pindah apa adanya mengikuti perpindahan chord-nya. Permainan seperti ini ada pada lagu “EVERY BREATH YOU TAKE”. Toh, dengan mengandalkan root note lagunya jadi enak banged didengerin,,, that’s my favorite song.


Pada lagu-lagu jazz, bass sering dianggap sebagai motor penggerak lagu dan penentu warna lagu yang ingin ditampilkan. Mengingat juga bahwa jazz selalu menggunakan chord-chord yang rumit dan mengandalkan improvasi perorangan, permainan bass dituntut lebih handal dalam banyak hal.




Kurang lebih seperti itu mengenai bass, sory2 maap kalo ada yang salah. Ohhey!!!!
Dan untuk lebih jelasnya perhatikan partitur, terutama untuk Melodic Minor dimana tangga nada naik berbeda dengan yang turun.
Kadang-kadang memainkan tujuh nada pada suatu chord, tidak memungkinkan atau memang tidak diperlukan. Terutama jika kita memainkan lagu yang mempunyai tempo cepat dengan perpindahan chord yang rapat. Oleh karena itu, sering dipakai Pentatonic Scale yang hanya punya lima nada (penta = lima, tonic = nada).
Pada pentatonic scale ini, tidak dipakai nada kedua dan ke enam. Jadi formulanya adalah 1,3,4,5,7. Contohnya pada A Mixolydian Pentatonic Scale, tangga nadanya adalah A,C#,D,E,G. Pada kasus ini modes Dorian dan Aeolian menjadi tidak berbeda alias sama saja. Misalnya A Dorian Pentatonic dan A Aeolian Pentatonic tangga nada nya sama-sama A,C,D,E,G. Scale yang 'tidak' dimainkan sebagai pentatonic adalah Blue Note (Blues Scale).
Pada intro lagu “Sweet Child O' Mine”, bassis GN'R Duff McKagan memainkan riff pada Db dengan not yang berbeda-beda panjangnya. Di saat itu gitaris Slash memainkan riff melodi pada Db Major dengan not 1/8. (baik gitar maupun bassnya disetem setengah nada lebih rendah daripada seteman standar, tetapi pada partitur ditulis pada nada standar).




Bagi para bass player pemula sering dipusingkan dengan istilah2 yang membingungkan, seperti Slap, Typing, Hammer On, Pull Off dan masih banyak lagi. Saya akan coba menerangkan sedikit apa yang saya tahu tentang istilah2 dalam bermain bass.


Bagi para bass player pemula sering dipusingkan dengan istilah2 yang membingungkan, seperti Slap, Typing, Hammer On, Pull Off dan masih banyak lagi. Saya akan coba menerangkan sedikit apa yang saya tahu tentang istilah2 dalam teknik bermain bass.
Yang pertama kita akan bahas yaitu tentang Slap. Teknik slap merupakan teknik yang penuh ritmik dan gaya perkusi. Dasar dari teknik permainan slap adalah pergerakan Thumb(T) dan Pluck(P). Maksudnya adalah menamparkan ibu jari kanan ke sebuah senar bass yang diikuti dengan cabikan jari tangan yang lain ke senar yang berbeda. Jika memainkan teknik slap, anda harus menemukan posisi yang tepat dan nyaman bagi anda. Teknik slap biasa dimainkan di aliran jenis musik funk dan R&B. Tetapi sesuai dengan perkebangan zaman, teknik ini dapat digunakan pada jenis musik apapun. Yang utama dalam memainkan teknik slap adalah mendahulukan untuk bermain bersih kemudian baru bermain cepat. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan,apabila ada yang kurang tolong ditambahkan karena kita disini sama2 mendalami musik khususnya bass.
over a year agoBlack
Mekanisme Slap:


1. Menggunakan kekuatan pergelangan tangan


biasanya mekanisme ini digunakan untuk slap2 yang butuh kecepatan tinggi ataupun teknik yang sulit seperti down up pluck,double pluck,dll sehingga tidak perlu menggunakan motion dan power tangan yang berlebih


2. Menggunakan kekuatan lengan tangan


kalo mekanisme ini untuk slap yang cenderung lebih perkusif seperti slap2 marcus miller ( pattern2 drum) sehingga mempunyai hentakan yang lebih terasa dan lebih bertenaga. Kalau Flea gabungan keduanya, kalau dia butuh slap bertenaga dia pake tenaga dari lengan, kalau mau yang lebih speed dia pake tenaga dari pergelangan tangannya..


Slap Scale:


latihan slap berikut ini bisa di jadikan pilihan apabila teman2 bassist semua ingin bermain nada2 yang biasa dimainkan dengan finger menjadi lebih variatif dengan slap..


contoh : C major scale


nada senar teknik
---------------------------------------
C A DOWN
D A UP
E D PLUCK
F D DOWN
G D UP
A G PLUCK
B G DOWN
C G UP


contoh 2 : C minor scale ( Aeolian )


nada senar teknik
-------------------------------------
C A DOWN
D A UP
Eb A PLUCK
F D DOWN
G D UP
Ab D PLUCK
Bb G DOWN
C G UP


nah, kedua latian ini bisa dijadikan basic untuk memainkan slap singing nantinya apabila masing2 jari telah memiliki tingkat independen seperti saat kita bermain finger..


selamat mencoba.
over a year ago

Black
Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk, harmoni bisa terbentuk. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.
Knapa Harus belajar teori?
Teori adalah "tools" buat musisi.. dengan mempelajari teori kita dapat mengetahui alasan kita bermain seperti itu, bagaimana cara bermain seperti itu, bagaimana cara menghasilkan musik yang seperti itu.. tentu saja ide-ide kita jadi berkembang lebih luas dengan adanya teori..
Knapa harus belajar interval?
Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk, harmoni bisa terbentuk.. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.. pada saat anda sudah mengetahuinya dengan lebih baik, ini akan sangat membantu saat anda "transcribe" (dalam bahasa populernya ngulik) sebuah lagu, karena dengan menguasai interval, anda sudah dapat mengetahui susunan melodi dan chord tersebut, bahkan tanpa menggunakan alat musik.

Interval (1)
Yang membangun melodi dan harmoni adalah interval, dapat dikatakan interval adalah jarak antara dua nada. Contoh berikut akan menggambarkan jarak interval dari Nada pertama (Root), Jarak yang terkecil (jarak setengah nada/half step) hingga ke oktaf/octave.
Contoh Interval Pada C Major Scale
C major Scale: C D E F G A B C
1 2 3 4 5 6 7 8
FIRST INTERVAL.....................Root/prime note/note awal
SECOND INTERVAL.................Jarak dari C ke D
THIRD INTERVAL....................Jarak dari C ke E
FOURTH INTERVAL................Jarak dari C ke F
FIFTH INTERVAL....................Jarak dari C ke G
SIXTH INTERVAL....................Jarak dari C ke A
SEVENTH INTERVAL..............Jarak dari C ke B
EIGTH INTERVAL....................Jarak dari C ke C yang lebih tinggi/octave
Interval-interval tersebut terdapat dalam C Major scale dan dinamakan Diatonic Interval. Ada dua macam interval dalam diatonic interval yaitu Major interval dan Perfect Interval
C ke C adalah Unison
C ke D adalah Major Second
C ke E adalah Major Third
C Ke F Adalah Perfect four
C Ke G adalah Perfect Fifth
C Ke A Adalah Major Sixth
C Ke B Adalah Major Seventh
over a year ago

Miko
thank's for posting "bass theory" Mr. Bernudd!!
Dul & Dit, baca bareng yuuukk ..
over a year ago

Black
APA SEH ITU BASS...:
Secara garis besar bunyi terbagi atas hi, middle, dan low frequency. Bunyi bass menempati posisi low frequency.
Sedangkan dari struktur musik, harmonisasi nada tersusun secara mendasar dalam bentukkan chord, yaitu, do-mi-sol atau nada 1-3-5. Nada satu diistilahkan sebagai nada akar. Dari sudut frequency bunyi, nada satu adalah low frequency, nada tiga adalah middle frequency, dan nada lima adalah hi frequency. Dengan demikian posisi bass-line terletak pada nada akar atau nada satu.
Ketentuan fungsi bass-line dalam mengkoordinasikan nada akar, menempatkan bass sebagai landasan bagi harmonisasi nada, seperti pengisian gitar, keyboard, maupun vocal (terutama di segi harmonisasi vokal atau pecah suara).
Bass sebagai low frequency cenderung dominan bila dibunyikan secara bersamaan dengan frequency bunyi lainnya. Oleh karena itu di dalam tatanan musik, sebaiknya bass meminimal pilihan nadanya. Supaya fungsinya efektif dalam mendukung frequency bunyi lainnya.
Tatanan musik secara garis besar terbagi atas beat, ritme, dan melodi. Minimalis dalam penggunaan nada adalah karakter dasar dari ritme. Dengan demikian fungsi bass di musik termasuk di dalam kategori ritme.
Di sisi lain, ritme juga merupakan kewajiban utama drum dari segi beat. Perbedaannya. Drum cenderung tidak bernada. Sedangkan bass memiliki nada, selain beat. Dengan demikian bass adalah satu2nya peran yang memiliki dwi-fungsi kewajiban, dan menjadi kunci dari penggabungan beat dan nada di musik.
Definisi musik adalah organisasi bunyi, waktu, dan tensi. Bunyi secara musikal termasuk di dalamnya beat dan nada. Waktu adalah penentuan kapan beat dan nada dibunyikan. Sedangkan tensi adalah suasana yang terwujud oleh interaksi bunyi dan waktu.
Konstruksi dasar musik adalah ritme. Sedangkan konstruksi dasar ritme adalah beat. Oleh karena itu, musik tidak hanya sebatas harmonisasi nada saja, akan tapi musik juga harus dilengkapi dengan harmonisasi beat.
Kesimpulan di atas menunjukan bahwa bass adalah landasan dari segala interaksi yang berlaku di musik. Masih lagi ditambahkan dengan kewajibannya sebagai drive di musik, menjadikan peran bass sebagai bentukkan tanggung-jawab yang tidak kalah besarnya dengan kewajiban seorang kapten terhadap armadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar